Sundul
Come On ...

Forum 17++ (Adults)
Lets Join And Find it !!!

Usaha yang mulai BERPELUANG

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Usaha yang mulai BERPELUANG

Post by Sonny on Wed Mar 02, 2011 11:11 pm

Cman rpost, gw lmyn tertrik nih... :

Spoiler:

Setelah kurang lebih empat bulan saya nyebar bibit belut, akhirnya kemaren sore tiba juga waktunya saya memanennya (masih dalam taraf uji coba)… alhamdulillah hasilnya cukup lumayan. Karena waktu itu hanya untuk uji coba jadi saya menebar benih Cuma 2 kilogram, seharga Rp. 20.000 per kilonya. Hasil panennya tidak saya jual, saya makan sendiri aja buat lauk hehehe, males mau jual….hasilnya sih emang lumayan, lumayan dikit maksudnya…. hehehe…

Dulu saya punya ide untuk melakukan uji coba budidaya belut dari kenalan saya, dia mendapatkan info dari temannya. Teman kenalan saya itu memang sudah sukses di bidang budidaya belut. Teman kenalan saya juga sudah berhasil menembus pasar expor. (hebat banget ya….). Ya udah trus saya coba-coba deh bikin peternakan belut. Secara teori sih gampang buanget, modal nya juga cukup kecil. (Tapi prakteknya ….. hem….). Yang dibutuhkan untuk budidaya belut adalah Terpal dengan ukuran empat kali enam meter, bambu, jerami, pupuk kompos dan kandang, Obat EM, lumpur, dan Air (itu semua untuk medianya).

Kemaren saya beli terpal seharga Rp 85.000, jeraminya minta sama tetangga, lumpurnya bikin sendiri, obat EM nya seharga Rp. 15.000, komposnya beli di kelompok tadi seharga Rp. 10.000 satu karung. Jadi jika dijumlah 85.000 + 15.000 + 10.000 = 110.000. Cuma sedikit kan modalnya???

Untuk membuat media tinggal campur aja rumuan di atas, seperti jerami, pupuk kompos, pupuk kandang, EM dan air. Setelah dicampurkan tunggu sampai satu bulan untuk proses fermentasinya, karena kalau belum sampe satu bulan bibitnya udah dimasukkan nanti bisa mati semua..

Lokasinya saya letakkan di dalam rumah saya, karena saya punya kamar yang ukurannya pas dengan ukuran terpalnya (4 x 6 m) dan kebetulan tidak saya pakai. Jadi langsung pasang aja itu terpalnya…

Dulu waktu awal nyebar bibit makannya tak kasih cacing tanah…. tapi lama-kelamaan males juga nyangkulin tanah Cuma buat nyari cacing…. capek banget…. sampe pinggangku pegel. Jadi saya beliin aja bekecot mentah, empat kilo seharga Rp. 5.000. Saya ngasih makannya kadang dua kali sehari, kadang juga satu kali sehari, kadang juga gak tak kasih makan heheh (kejam sekali) itu kalau bener-bener sibuk….

Biar jelas tentang budidaya belut nih saya kasih Analisanya

BIAYA / PENGELUARAN :

Biaya Investasi

1. Terpal 4 x 6 m 1 lembar = Rp. 100.000

2. Bambu ori 4 batang x Rp. 10.000 = Rp. 40.000

3. Media, jerami, kompos , debok, pupuk

kandang, EM4, katul = Rp. 40.000

4. Ongkos tenaga kasar = Rp. 20.000

Jumlah = Rp. 200.000

Biaya Operasional

1. Beli benih 10 kg x Rp. 25.000 = Rp. 250.000

2. Pakan (cacing, bekicot, katak, dll) = Rp. 50.000

Jumlah = Rp. 300.000

Total Biaya = Rp. 500.000

PENERIMAAN / PENDAPATAN

1. Panen 10 kg x 10 kg = 100 kg

Resiko 10 % x 100 kg = 90 kg

2. 90 kg x Rp. 10.000 = Rp.900.000

LABA / KEUNTUNGAN

1. Rp. 900.000 - Rp. 500.000 = Rp. 400.000

Keterangan

Harga benih per kg Rp. 25.000

Harga jual panen per kg Rp. 10.000 s/d 15.000

Standar daya tampung benih 1 m2 = 1 kg s/d 2 kg

1 kg benih à belud panen à 8 kg s/d 12 kg

1 lembar terpal ukuran 4 x 6 m jadi kedalaman ukuran 2 x 4 m

Resiko kematian benih ± 10 %

Keuntungan Rp. 400.000 di atas dihitung untuk satu kolam saja dan waktunya panennya kurang lebih 5 bulan. Jadi kalau pengen untungnya banyak ya bikin kolamnya juga harus banyak.

Siapa yang mau coba??? Silahkan saja, tapi kalau saya sepertinya tidak cocok dengan usaha ini, jadi budidaya belut yang saya lakukan ini juga Cuma sampe tahap uji coba saja, tidak saya lanjutkan…. modalnya sepertinya juga belum balik.

Kalau pengen anda yang ingin lebih jelas lagi mengenai budidaya belut bisa mengunjungi www.tehnikbudidayabelut.blogspot.com di situs ini penjelasan budidaya belut yang cukup lengkap.

Tulisan di atas hanyalah cerita saya mengenai ujicoba belut yang tidak saya teruskan. dan mengenai perhitungan di atas saya peroleh dari teman saya, saya sama sekali belum melakukan perhitungan khusus. dan saya tidak bertanggung jawab apabila anda melakukan ujicoba beternak belut kemudian mengalami kegagalan…

Sonny
Sundul Cepak
Sundul Cepak

Jumlah posting : 44
Exp : 174
JempoL : 7
Join date : 02.03.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Usaha yang mulai BERPELUANG

Post by LionMan on Thu Mar 03, 2011 4:51 pm

Katnya sih rada sulit itu gan...
meliharanya ..

mnurut info sih gitu yg gw dapet

LionMan
Sundul Gundul
Sundul Gundul

Jumlah posting : 8
Exp : 110
JempoL : 3
Join date : 03.03.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Usaha yang mulai BERPELUANG

Post by Admin on Fri Mar 04, 2011 4:11 pm

Bantu sundul gan


Admin
Master Sundul
Master Sundul

Jumlah posting : 521
Exp : 999821
JempoL : 19
Join date : 02.03.11
Age : 26
Lokasi : Bekasi

Lihat profil user http://sundul.coolbb.net

Kembali Ke Atas Go down

Re: Usaha yang mulai BERPELUANG

Post by Sponsored content Today at 4:29 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik